UNIVERSITAS
SURYAKANCANA
PUSAT
KARIR
Jl. Pasir Gede Raya Telp (0263)
270106-268672
Fax. (0263) 261383 Cianjur
Website : www.unsur.ac.id email : unsur@unsur.ac.id
PROFIL
CAREER DEVELOPMENT CENTER UNIVERSITAS
SURYAKANCANA
(CDC UNSUR)
Keberhasilan suatu perguruan tinggi tidak hanya didasarkan pada kuantitas
lulusan yang dihasilkannya, tetapi juga diukur dari keberhasilan lulusannya
dalam memasuki dunia kerja. Dalam rangka menunjang pelaksanaan program penyelarasan
pendidikan dengan dunia kerja yang semakin kompetitif, maka Perguruan Tinggi bertanggung jawab tidak hanya menghasilkan
lulusan dengan kompetensi tertentu serta indeks prestasi tinggi, tetapi juga
wajib memfasilitasi dan menjembatani lulusan memasuki dunia kerja. Sehubungan
dengan hal tersebut, sebagai tanggung jawab Universitas Suryakancana untuk mempersiapkan lulusan yang dapat bersaing di pasar kerja, maka pada
tahun 2013 melalui SK Rektor No. 09/SK/REK/UNSUR/III/ 2013, dibentuk Pusat Karir dengan tujuan menjadi
mediator antara perusahaan/instansi/industri dan mahasiswa serta alumni sebagai
pencari kerja. Selain itu, menjadi wadah pengembangan kualitas Sumber Daya
Manusia (SDM) melalui berbagai pelatihan atau seminar sehingga lulusan UNSUR memiliki kompetensi serta siap
pakai di dunia kerja. Output dari
pelaksanaan Pusat Karir Universitas Suryakancana mengubah paradigma mahasiswa
di tengah persaingan yang semakin ketat untuk tidak hanya cukup dibekali serta
memiliki kemampuan akademis saja tetapi juga berbagai soft skill. Adapun outcome
dari Pusat Karir Universitas
Suryakancana yaitu menghasilkan lulusan yang mampu berkompetisi dalam membuka
dan memperebutkan peluang kerja.
VISI
Pusat Karir Universitas Suryakancana Sebagai Pusat Pelayanan dan
Pengembangan Karir Mahasiswa dan Lulusan Dalam
Menghadapi
Dunia Kerja
Misi
1. Membangun kemitraan antara Universitas
Suryakancana dengan Perusahaan Penyedia Dunia Kerja;
2. Menyelenggarakan seminar dan
pelatihan dalam mengembangkan kompetensi serta mempersiapkan Mahasiswa dan Lulusan
dalam memasuki dunia kerja;
3. Penyediaan dan pemanfaatan web
terkait dengan peluang kerja yang diperbaharui
setiap saat;
4. Menyelenggarakan
Bursa Kerja (Job Fair) baik yang diikuti oleh alumni UNSUR maupun di luar alumni UNSUR;
5. Menyelenggarakan
Tracer Study bagi
alumni UNSUR.
PENGURUS
PUSAT KARIR UNIVERSITAS
SURYAKANCANA
1. Penanggung Jawab : Prof. Dr. H. Dwidja Priyatno, S.H., M.H.,
Sp.N.
2. Ketua : Dr. Anita Kamilah, S.H., M.H.
3. Bidang Penelusuran Alumni : Dr. Hj. Iis Ristiani, S.Pd., M.Pd.
Dadang
Yudih, S.H.
4. Bidang Bursa Kerja dan
Rekrutmen Kampus
: Tanti Kirana Utami, S.H., M.H.
Nurul
Fauziah Paris, S.E.
5. Bidang Sosialisasi dan
Promosi Pusat Karir :
Hj. Mia Amalia, S.H., M.H.
Buchari
Muslim, S.E., S.H., M.H.
Saptaning
Ruju Paminto, S.Pd., M.H.
6. Bidang Konseling Kerja
Dan Karir :
Dr. dr. Hj. Trini Handayani, S.H., M.H.
Mumuh M. Rozi, S.H., M.H.
TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PUSAT KARIR
UNIVERSITAS SURYAKANCANA
1. Penanggung Jawab
Bertanggung
jawab atas segala kegiatan Pusat Karir Universitas Suryakancana.
2. Ketua
a. Berkoordinasi
dengan Pengurus Pusat Karir Universitas Suryakancana.
b. Bertanggung
jawab atas kegiatan Pusat Karir UNSUR.
c. Mengawasi
dan mengevaluasi kinerja Pengurus Pusat Karir UNSUR.
3. Bidang Penelusuran Alumni.
a. Melakukan
pendataan terhadap penyebaran alumni.
b. Melakukan
pemetaan kegiatan lulusan Universitas Suryakancana di dunia kerja.
c. Mengevaluasi
lulusan yang telah dihasilkan dalam pemenuhan standar kompetensi pada dunia
kerja.
4. Bidang Bursa Kerja dan Rekrutmen Kampus.
a. Menyediakan
informasi lowongan kerja kepada mahasiswa tingkat akhir dan lulusan.
b. Memfasilitasi
proses rekrutmen tenaga kerja (sebagai contoh: membantu dalam menghubungkan
alumni dengan perusahaan atau in-campus recruitment).
c. Melakukan
monitoring secara rutin baik pada alumni maupun perusahaan dengan tujuan untuk
mengevaluasi permasalahan maupun keberhasilan para alumni dalam menembus dunia
kerja/membina karir dan memberikan support
lanjutan apabila dibutuhkan.
5. Bidang Sosialisasi dan Promosi Pusat
Karir.
a. Menyiapkan bahan atau materi promosi.
b. Mengarahkan dan mengkoordinasikan
kegiatan-kegiatan Pusat Karir sebagai sarana promosi perguruan tinggi.
c. Melakukan penyebaran informasi kepada
mahasiswa, alumni, dan perusahaan tentang
keberadaan Pusat Karir di UNSUR.
d. Menjalin komunikasi kemitraan dengan stakeholders secara efektif dan efisien.
6. Bidang Konseling Kerja/Karir.
a. Memberikan
pelayanan dan bimbingan kepada mahasiswa mengenai pribadi, sosial, belajar dan
karir.
b. Membantu
mahasiswa dalam mengatasi hambatan dan kesulitan baik di bidang studi,
penyesuaian di lingkungan pendidikan, masyarakat, maupun kesulitan memperoleh
kesempatan bekerja.
c. Membantu
pengembangan diri mahasiswa secara optimal
sesuai dengan kemampuan dasar dan bakatnya.
PROGRAM
KERJA PUSAR KARIR UNIVERSITAS
SURYAKANCANA
2016
Pada
jangka pendek ini, Pusat Karir Universitas Suryakancana telah melaksanakan program-program sebagai berikut yaitu
sebagai berikut :
1. Penelusuran data lulusan yang akan
menyelesaikan kuliah di Universitas Suryakancana tahun akademik 2015-2016.
2. Kerjasama
dengan Perusahaan/Instansi/Industri.
3. Pembuatan
lowongan kerja pada web UNSUR (www.unsur.ac.id)
4. Melakukan
seminar serta pelatihan.
5. Melaksanakan
bursa kerja
B. Pengembangan Program Pusat Karir UNSUR
Jangka Panjang.
Pusat
Karir Universitas Suryakancana memiliki program jangka panjang sebagai berikut
:
1. Menyelenggarakan program pelatihan
bagi calon lulusan Universitas Suryakancana
sesuai tuntutan dunia kerja, seperti :
a. Mengenali
dunia kerja dan strategi memasuki dunia kerja.
b. Bagaimana
membuat CV dan surat lamaran kerja.
c. Mengenali
apa itu Psikotes dan kegunaannya dalam proses seleksi di dunia kerja.
d. Bagaimana
menghadapi wawancara kerja, dll.
2. Menyelenggarakan
Program Pemagangan melalui program Co-Op (Co- Operative Academic Education) bagi mahasiswa pada institusi
pemerintah maupun swasta guna
memperpendek waktu tunggu kerja lulusan Universitas Suryakancana.
3. Menyelenggarakan
program Bursa Kerja untuk mempertemukan lulusan Universitas Suryakancana dengan Penyedia kerja.
4. Menyelenggarakan
Konseling kerja dan Karir yang meliputi:
a. Layanan Bimbingan Karir guna
meningkatkan kemampuan beradaptasi
terhadap perubahan lingkungan.
b. Layanan Pelatihan melamar kerja guna
meningkatkan kemampuan melamar kerja, menghadapi psikotes dan wawancara.
c. Layanan Informasi dunia kerja dan info
lowongan kerja.
d. Layanan Informasi kompetensi lulusan
setiap program studi.
e. Layanan Rekrutmen (layanan pendataan
& pengiriman aplikan pelamar kerja dan seleksi pelamar di kampus).
5. Melaksanakan Tracer Study dan Survey
Kepuasan Pengguna terhadap Lulusan
Universitas Suryakancana.
Tracer
study yang dipahami sebagai survei alumni atau
penelusuran lulusan merupakan bagian integral dari proses penyelenggaraan
pendidikan dari Universitas Suryakancana. Pelaksanaan kegiatan penelusuran
lulusan akan sangat bermanfaat bagi lulusan, Universitas Suryakancana, para
pemangku kepentingan (stakeholders),
serta bagi kelengkapan persyaratan
akreditasi fakultas, program studi, maupun Universitas Suryakancana sebagai
perguruan tinggi.
Tracer Study ini
memiliki tujuan yaitu :
a. Memperoleh
data rill mengenai kondisi lulusan 2
atau 3 tahun setelah mahasiswa lulus.
b. Mengklasifikasikan
kondisi lulusan:
1. Sudah bekerja.
2. Bekerja mandiri.
3. Melanjutkan kuliah.
4. Belum bekerja.
c. Mengetahui
penyerapan, proses, dan posisi lulusan dalam dunia kerja agar kemudian dapat
menyiapkan lulusan sesuai dengan kompetensi yang diperlukan di dunia kerja
serta membantu program pemerintah dalam rangka memetakan dan menyelaraskan
kebutuhan dunia kerja dengan kompetensi yang diperoleh dari perguruan tinggi.
6. Forum komunikasi bagi alumni
Universitas Suryakancana.
Salah satu
indikator keberhasilan proses pendidikan dapat dilihat dari keberhasilan alumni
dalam menjalankan perannya di jenjang pendidikan yang lebih tinggi maupun
berbagai pekerjaan yang dijalani secara professional sesuai minat dan
kemampuan.
Universitas
Suryakancana memiliki alumni yang
tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Bagi Universitas Suryakancana, alumni
memiliki peran yang sagat besar bagi pengembangan suatu perguruan tinggi. Para
alumni yang telah menduduki berbagai posisi penting di negeri ini, akan menjadi salah satu daya tarik bagi
masyarakat untuk memberikan
kepercayaan kepada Universitas Suryakancana menjadi pilihan tempat
kuliah masyarakat. Dengan sendirinya Universitas Suryakancana sebagai perguruan
tinggi akan tersosialisasikan kepada masyarakat, tanpa harus
dilakukan dorongan yang massif sekalipun.
Disamping
itu, alumni yang telah dikenal oleh
masyarakat dan mempunyai posisi
tentu akan dengan mudah memberikan sumbangan berupa
apapun seperti saran, pemikiran, dan
juga pendanaan serta koneksi ke berbagai relasi yang memungkinkan untuk
melakukan kerjasama dengan Universitas Suryakancana.
Guna menjaga
hubungan baik antar alumni, maupun alumni dengan Universitas Suryakancana,
serta mengoptimalkan peran alumni, program pengembangan yang akan dilaksanakan
adalah sebagai berikut :
a. Forum
Komunikasi Alumni.
Forum
Komunikasi Alumni merupakan salah satu cara untuk menjaga hubungan baik serta silaturahmi antara
Universitas Suryakancana dan alumni, yang
pelaksanaannya dapat dilakukan melalui berbagai cara, di antaranya :
1) Mendorong penyelenggaraan alumni gathering atau temu alumni baik di tingkat universitas, fakultas,
maupun program studi.
2) Menghadirkan alumni dalam berbagai kegiatan ilmiah, training, seminar, dan acara di universitas, fakultas, maupun program studi.
b. Media Komunikasi Alumni Universitas Suryakancana.